Macam – macam Topologi Jaringan pada Wireless.

Ad-hoc

Salah satu macam – macam topologi Jaringan pada Wireless adalah Ad hoc. Jaringan Ad-hoc adalah salah satu jenis dari Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Setiap node pada jaringan ad-hoc memiliki interface wireless. Node-node dalam jaringan ad hoc bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah.

Pada jaringan ad hoc setiap node tidak hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan seperti router. Oleh karena itu maka diperlukan sebuah routing protokol yang ditanamkan pada jaringan ad hoc tersebut.

Mode Infrastruktur

Topologi mode infrastruktur adalah topologi dimana access point merupakan media penghubung semua Host dan terpusat pada accesspoint. Mode infrastruktur mirip dengan jaringan Client server pada jaringan LAN, Idealnya 1 Accesspoint bias melayani sampai 24 client,jika lebih dari 24 akan mengganggu kestabilan koneksi wireless.

sekian terima kasih

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar